Ini 5 Tips Mengelola Keuangan Agar Usaha Anda Bisa Lebih Maju

ASAPENA – Banyak orang yang mengira bahwa urusan keuangan adalah sesuatu yang gampang padahal kenyataannya sangatlah sulit.

Sebab, keuangan bisnis adalah suatu hal yang sangat krusial bagi berjalannya sebuah usaha dan menjadi faktor kesuksesan dari perkembangan usaha tersebut.

Bahkan kemungkinan masih ada pebisnis yang mencampur keuangan usahanya dengan pribadi.

Ternyata nggak boleh loh kamu mencampur keduanya karena bisa menyebabkan bisnis kamu berantakan hingga mengalami kebangkrutan.

Untuk mencegah semua kejadian tersebut, kamu dapat memakai cara mengelola keuangan usaha yang tepat.

Mengelola keuangan bisnis tentu bukanlah hal yang mudah, maka dari itu sebagai pebisnis yang handal ada 6 tips utama yang dapat kamu lakukan nih.

Tujuannya agar pembukuan keuangan usaha dapat berjalan dengan baik serta bisnis kamu bisa terus berkembang deh.

Berikut ini terdapat infografik mengenai pengelolaan keuangan usaha yang mungkin dapat kamu terapkan pada bisnis kamu.

Untuk penjelasan lengkapnya mengenai tips mengelola keuangan usaha yang tepat, bisa kamu simak pada artikel di bawah ini ya.

1. Mencatat Pemasukan Bisnis

Tidak hanya mencatat pengeluaran bisnis saja tapi kamu wajib hukumnya untuk melakukan pembukuan terkait pemasukan usaha.

Kamu dapat menghitung setiap pemasukan yang didapat dan menghitung potongan dari setiap kewajiban yang mesti dibayarkan.

Nah, dari situ kamu akan mengetahui berapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, maka dari itu penting untuk menyusun pemasukan secara rinci.

2. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran Usaha

mencatat pengeluaran usaha sebagai tips mengelola keuangan bisnis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan mengelola setiap pengeluaran biaya yang dilakukan oleh bisnis dagang maupun retail kamu.

Kamu mesti mencatat biaya pengeluaran secara detail dan lengkap, caranya kamu bisa melacaknya dari setiap transaksi yang terjadi misalnya saja dari kwitansi atau faktur pembayaran.

Dari situ kamu akan mengetahui biaya yang dikeluarkan oleh bisnis kamu berasal dari mana.

Tujuan kamu mencatat pengeluaran agar tidak terjadi selisih angka, maka dari itu penting bagi sebuah bisnis untuk menyimpan setiap dokumen bukti transaksi.

Untuk berjaga-jaga bila terjadi selisih angka dan kamu dapat mengetahui setiap pergerakan keuangan usaha kamu juga.

3. Menyusun Anggaran

Setelah kamu mencatat semua pengeluaran usaha, tips selanjutnya untuk menghadapi periode berikutnya, kamu bisa menyusun budget secara rutin.

Adanya budgeting, pengeluaran biaya dari bisnis kamu menjadi lebih terkendali sebab dijadikan sebagai batasan untuk menilai seberapa efisiennya usaha.

Dalam menyusun budgeting, kamu dapat menyesuaikannya dengan keadaan bisnis kamu dan lakukan review budgeting bagi usaha kecil agar memiliki gambaran yang lebih baik.

4. Pisahkan Keuangan Perusahaan dan Pribadi

Masih banyak pebisnis yang menggabungkan keuangan pribadinya dengan bisnis, padahal hal tersebut nggak boleh kamu lakukan loh.

Sebab, bercampurnya keuangan bisnis dan pribadi dapat mengakibatkan keuangan menjadi berantakan bahkan menyebabkan kebangkrutan.

Kamu bisa nih membuat dua akun bank, untuk pribadi kamu dapat menggunakan identitas diri sedangkan untuk bisnis, kamu bisa memakai nama usahamu.

Dengan begitu kamu bisa dengan mudah melacak setiap kebutuhan pribadi maupun usaha sehingga dapat berjalan dengan baik.

5. Selalu Analisa Arus Kas

Ketika menjalankan bisnis tidak hanya tips sebelumnya saja yang mesti kamu lakukan tapi setiap pergerakan keuangan bisnis pun harus kamu awasi.

Hal ini berkaitan dengan arus kas keuangan usaha yang berhubungan pula masuk dan keluarnya uang bisnis.

Tentunya untuk mengawasi pergerakan keuangan bukanlah hal yang mudah bagi seorang bisnis, sebab membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Dalam mengontrol arus kas, kamu bisa meminta bantuan administrator agar pengawasan arus kas serta menetapkan prosedur keuangan yang baik pula.

Untuk mengatur keuangan bisnis lebih mudah dan dilakukan secara otomatis, kamu dapat menggunakan aplikasi pembukuan terbaik agar lebih akurat.

Nah, Supaya bisnis kamu dapat berkembang dengan pesat, kamu bisa juga menggunakan keuntungan atau laba usaha untuk memajukan usahanya.

Tips mengelola keuangan usaha dagang ini dapat kamu terapkan agar bisnis kamu bisa berkembang dan semakin banyak memiliki pendapatan yang didapatkan. (*)

Previous Article

Soal Gejolak Ekonomi, Menparekraf: UMKM Perlu Sadar Pengelolaan Keuangan

Next Article

Transaksi Via QRIS Bakal Berlaku Lintas Negara Tetangga

Related Posts
Selengkapnya

Omset Perajin Bedug Meningkat Pesat

ASAPENA – “Dapur” milik Taufik Amin kembali beroperasi. Dia adalah perajin bedug. Kini, kelima karyawannya sudah mulai diberdayakan…