Viral Matahari Terbit Dari Utara, Begini Jawaban BMKG

ASAPENA – Baru-baru ini viral rekaman video yang memperlihatkan matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sontak hal tersebut menjadi ramai diperbincangkan.

Dalam video yang beredar, tampak orang tengah merekam dan mengarahkan kamera ke arah matahari yang Ia katakan terbit dari Utara. Perekam video itu mengatakan peristiwa terjadi pada Kamis (17/6/2021).

Dalam video berdurasi 3.22 detik itu, mengaku kaget melihat kemunculan matahari di arah Utara.

“Sekadar melaporkan dari lokasi ini ada di MAN Binamu sesuatu yang sangat aneh telah terjadi di mana matahari pada posisi di (arah) utara pagi ini Kamis tanggal 17 Juni 2021,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sub Bidang Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto menjelaskan jika fenomena matahari terbit dari utara karena adanya gerak semu tahunan matahari (GSM). Penyebabnya adalah adanya revolusi bumi yang bergerak dengan rotasi bumi dengan poros putaran miring.

Baca Juga:  UMKM Wajib Miliki NIB, Begini Langkah Mengurus NIB Lewat Online

“Ini mengakibatkan seolah-olah matahari bergerak menuju utara atau selatan ke arah kutub,” katanya, dikutip dari tirto.id.

Fenomena ini akan berangsung 22 Desember-21 Juni. Dalam fase ini, matahari seolah-olah bergeser ke belahan bumi Utara. Sedangkan pada 22 Juni-21 Desember matahari seolah bergerak ke arah belahan bumi selatan.

“Dampak dari GSM ini adalah adanya perbedaan musim atau iklim di sejumlah tempat di muka bumi terutama di lintang tinggi, lintang menengah dan tropis,” tandasnya. (lis)

Previous Article

Ponsel 5G Termurah di Indonesia - Realme 8 5G

Next Article

Windows 11 Akan Segera Hadir Gratis, Begini Fitur dan Tampilannya

Related Posts