Berikut Tujuh Aplikasi Kasir yang Bisa Digunakan Gratis dan Bisa Diakses Melalui Handphone

ASAPENA – Pengelolaan pencatatan penjualan merupakan proses yang vital bagi keberlangsungan hidup perusahaan, terutama dibidang penjualan barang. Namun tak jarang para pelaku UMKM terkendala dalam menjalankan proses ini.

Untuk memudahkannya, dibutuhkan mesin kasir untuk mencatat setiap transaksi pelanggan. Akan tetapi, harga perangkat mesin kasir tidaklah murah. Harga yang dibanderol untuk mesin kasir bisa mencapai 2-10 Juta rupiah. Harga tersebut kemungkinan cukup berat bagi sebagian para pelaku usaha, khususnya mereka yang memiliki bisnis menengah atau mikro (UMKM). Untungnya, pencatatan transaksi kini tidak perlu sampai menggunakan mesin kasir yang mahal.

Para pelaku UMKM kini bisa mendapatkan sistem pencatatan penjualan secara gratis melalui perangkat genggam. Sistem ini berupa aplikasi yang memungkinkan untuk diunduh dan dioperasikan melalui telfon genggam atau tablet.

Aplikasi ini berperan penting dalam pengelolaan bisnis atau usaha seperti toko, di mana hal-hal seperti catatan penjualan hingga ketersediaan stok, dapat dipantau dan dikelola via aplikasi ini. Dengan begitu, pengguna dapat mengelola bisnis mereka dengan maksimal untuk hasil yang tentunya lebih baik. Berikut 7 aplikasi kasir terbaik yang direkomendasikan untuk pebisnis pemula.

Kasir Pintar

Kasir Pintar merupakan aplikasi kasir terakhir di daftar ini yang cocok untuk segala jenis bisnis. Aplikasi ini menawarkan dua versi, gratis dan Pro.

Baca Juga:  Kemendag Dorong Percepatan Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan 1 Juta UMKM

Versi gratis tentu tidak lebih baik dari versi Pro di mana pengguna hanya bisa manajemen produk mereka up to 1000 item, membuat laporan penjualan standar dan struk dengan watermark. Sementara versi gratis, menghapus keterbatasan itu dan memberi pengguna fitur ekstra lainnya seperti memantau aktivitas login staf, mencatat pembelian barang dari supplier dan manajemen arus kas yang lebih lengkap.

Pawoon

Sebagai salah satu aplikasi kasir terbaik yang mudah dioperasikan, Pawoon hanya butuh waktu set-up selama kurang lebih 5 menit sebelum siap digunakan. Ini hadir dengan beberapa fitur yang bisa diharapkan dari aplikasi kasir pada umumnya seperti dukungan offline, sistem pembayaran digital yang praktis dan opsi pembayaran lengkap termasuk dengan kode QR.

Yang menarik, calon pengguna juga bisa meminta tim Pawoon untuk melakukan demo Pawoon secara gratis. Singkatnya, Pawoon kaya akan fitur, praktis dan gratis karena proses aktivasi tidak dipungut biaya apapun.

Vend

Yang pertama adalah Vend yang popularitasnya tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini digunakan di banyak toko di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Vend bisa digunakan secara gratis dengan opsi berbayar via berlangganan untuk fitur lebih lengkap dan penggunaan jangka panjang.

Melalui Vend, pengguna dapat mengelola pembayaran hingga mendapat laporan keuangan dengan lebih mudah. Ini juga bisa digunakan secara offline dengan data bakal secara otomatis tersimpan di cloud ketika sudah terhubung kembali ke internet. Vend sangat direkomendasikan.

Baca Juga:  Tanpa Vaksin, Orang Bisa Terpapar Covid-19 Lebih dari Sekali

MokaPOS

MokaPOS merupakan aplikasi kasir yang dirancang untuk memudahkan aktivitas bisnis operasional pengguna. Ini hadir dengan tampilan UI yang sederhana sehingga mudah dinavigasikan dan opsi sistem pembayaran yang beragam termasuk dompet digital.

Tidak hanya itu saja, Moka juga menyediakan fitur untuk memberi laporan penjualan harian, stok barang hingga perhitungan pajak. Ada pula dasbor khusus di mana pengguna bisa menganalisis laporan usaha mereka agar bisa terus berkembang, manajemen untuk lebih dari satu cabang dan feedback.

TruePOS

Selanjutnya adalah True POS, aplikasi kasir asal India yang hadir dengan dua versi aplikasi berbeda. Yang pertama bisa digunakan secara cuma-cuma namun lebih direkomendasikan untuk usaha kecil atau menengah. Alasannya, versi gratis hanya bisa mendukung satu mesin kasir dengan maksimal transaksi di angka 100 setiap bulan.

Sementara versi berbayarnya, membuka limitasi yang dimiliki versi gratis sehingga pas untuk usaha besar. True POS sendiri berbasis web namun dapat diintegrasikan dengan PC maupun mesin kasir, plus bisa menyimpan data penjualan ketika tidak ada koneksi internet.

Baca Juga:  Janda Ini Dipercaya Membawa Hoki!

Olsera POS

Olsera POS merupakan aplikasi kasir yang diklaim jadi satu-satunya yang dapat membantu UMKM karena menawarkan biaya berlangganan yang cukup terjangkau. Meski berbayar, Olsera juga memiliki versi gratis atau Lite, namun tentu dengan beberapa keterbatasan.

Sama seperti Vend, Olsera juga mendukung pengguna offline dengan sinkronisasi otomatis ketika kembali online. Karena berbasis cloud, pengguna Olsera jadi bisa mengelola bisnis mereka termasuk mengetahui laporan langsung di mana pun dan kapanpun. Ini juga tersedia di hampir semua platform seperti Android, iOS dan juga PC.

Omega POS

Omega POS merupakan aplikasi kasir bagian dari sebuah platform bernama Omegasoft. Aplikasi yang satu ini hadir dengan banyak keunggulan termasuk sistem yang mudah untuk dipelajari, dasbor dengan laporan data yang lengkap dan dukungan untuk manajemen stok sehingga pengguna bisa memperbarui stok produk mereka dengan lebih mudah.

Sama seperti Olsera POS, Omega berbasis cloud yang memberi keuntungan ketika usaha pengguna mulai berkembang menjadi banyak cabang. Omega bisa dicoba selama 14 hari (free trial) dengan opsi berlangganan untuk penggunaan jangka panjang.

Masing-masing platform memiliki fitur yang telah diseusaikan untuk para penggunanya. Jadi para pelaku usaha bisa dengan leluasa memilih aplikasi yang sesuai untuk menjalankan usahanya. (ara)

Previous Article

Perlu Ada Pendampingan, Tidak Semua UMKM Ngerti Digital

Next Article

Bupati Banyumas: Pelaku Usaha Harus Jeli Melihat Peluang

Related Posts