Sosis Bakar, Prospek Keuntungan Besar dari Usaha Modal Kecil

ASAPENA – Membuka usaha sosis bakar bisa menjadi salah satu alternatif pilihan usaha dengan modal yang sangat terjangkau. Selain tidak terlalu membutuhkan banyak peralatan, bahan-bahan pembuatan sosis bakar pun sangat mudah ditemukan.

Dari segi prospek pun, membuka usaha sosis bakar memiliki potensi yang lumayan besar untuk mendatangkan keuntungan. Karena selain familiar, makanan ini memiliki cita rasa yang hampir semua orang menyukainya.Terlebih lagi dengan tambahan toping saos dan mayonaise sebagai penambah selera.

Nilai plus dari jenis sosis bakar ini, selain lezat untuk dijadikan kudapan, juga pas dikonsumsi untuk menunda lapar. Bahkan bisa disajikan dalam menu makan berat.

Berbagai macam tersebut pertimbangan membuat usaha sosis bakar ini digemari bukan hanya dikalangan konsumen, tapi juga bahkan dikalangan pengusaha sendiri.

MEMULAI USAHA SOSIS BAKAR

Lantas apa saja yang diperlukan untuk membuka usaha sosis bakar? Telebih dengan modal usaha yang pas-pasan?

Seperti disinggung di awal, usaha sosis bakar bisa dilakukan dengan modal yang sangat terjangkau. Meski banyak oulet sosis bakar besar dengan omzet puluhan juta rupiah perhari, namun tidak menutup kemungkinan usaha ini dimulai dari skala yang kecil.

Baca Juga:  KemenKopUKM Dorong UMKM Daftarkan HAKI

TARGET PASAR DAN LOKASI SOSIS BAKAR

Untuk bisa berhasil dalam membuka usaha sosis bakar, yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah potensi pasarnya. Siapa saja penyuka sosis bakar?

Secara umum jenis makanan ini adalah jenis makanan yang paling disukai oleh remaja dan anak-anak. Meski tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun menyukainya, namun sasaran yang paling sesuai adalah sasaran konsumen usia sekolah.

Oleh sebab itu, untuk memulai usaha ini, usahakan untuk menentukan lokasi dimana banyak konsumen usia sekolah berada. Lokasi yang paling mudah adalah lokasi yang dekat dengan sekolah.

Namun tidak menutup kemungkinan juga lokasi umum seperti pusat perbelanjaan atau taman hiburan menjadi solusi lokasi yang akan dipilih. Mengingat kedua tempat tersebut pun selalu ramai dengan anak usia sekolah.

MODAL USAHA SOSIS BAKAR

Setelah memiliki gambaran lokasi yang tepat, langkah berikutnya adalah menghitung berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha sosis bakar.

Baca Juga:  7 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengusaha Dalam Merintis Usaha

Adapun modal yang dibutuhkan mencakup:

Modal Awal Usaha Sosis Bakar

– Gerobak/booth kecil: Rp1.000.000
– Wadah bumbu : Rp50.000
– Alat panggang dan tabung gas: Rp500.000
– Peralatan tambahan: Rp50.000
Total Rp2.500.000

Modal awal sifatnya fleksibel dan sangat mungkin untuk disesuaikan kembali. Terlebih jika anda memiliki budget yang lebih dibanding denganangka diatas.

Namun selain modal awal, anda juga harus mempersiapkan modal operasional harian untuk menjalankan usaha sehari-hari. Berikut perkiraan modal operasional harian yang dibutuhkan:

Modal Operasional Harian Usaha Sosis Bakar

– Sosis ukuran kecil 50pcs = Rp40.000
– Sosis ukuran jumbo 10pcs = Rp30.000
– Plastik kemasan 40 pcs = Rp5.000
– Kecap = Rp5.000
– Mayonaise = Rp10.000
– Saos = Rp10.000
– Tusuk sate = Rp5.000
Total Rp90.000

Modal operasional inipun bersifat fleksibel dan masih teramat sangat mungkin untuk disesuaikan kembali berdasarkan budget dan kebutuhan anda.

Namun berdasarkan asumsi diatas, maka anda bisa melakukan analisa pendapatan dan keuntungan dari berjualan sosis bakar.

Baca Juga:  Manfaat Teh Peppermint: Miliki Sifat Antivirus

Analisa pendapatan per hari

Sosis Ukuran Kecil 50pcs x 2.000 = Rp100.000
Sosis Ukuran Jumbo 10pcs x 10.000 = Rp100.000
Total : Rp160.000

Dengan demikian, maka asumsi keuntungan yang bisa anda dapatkan tiap bulan adalah sebagai berikut:

Pendapatan Bulanan = Pendapatan Harian x 30 hari
Rp160.000 x 30 = Rp4.800.000

Operaional Bulanan = Operasional Harian x 30
Rp90.000 x 30 = Rp2700.000

Keuntungan Bulanan = Pendapatan Bulanan-Operasional Bulanan
Rp4.800.000 – Rp2700.000 = Rp2.100.000

Asumsi keuntungan tersebut tentunya akan tergantung dari banyaknya jumlah sosis bakar yang berhasil dijual. Semakin banyak penjualan, akan semakin banyak pula keuntungannya.

Berdasarkan asumsi penjualan diatas, setidaknya berhualan sosis bakar bisa membawa keuntungan yang tidak sedikit.

Dibandingkan dengan ongkos operasional, keuntungan yang didapat hampir adalah sebesar 77% dari modal operasional. Angka yang lumayan bukan?

Apabila anda tertarik untuk membuka usaha ini, pastikan anda sudah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan seperti yang telah dirangkum diatas.

Dan jangan lupa untuk selalu menyisihkan sebagian dari keuntungan untuk diinvestasikan kembali kedalam usaha sosis bakar anda. (ara)

Previous Article

Apa Sebenarnya Resesi Ekonomi, Apa yang Mesti Dikerjakan, Begini Menurut OJK

Next Article

Lima Model Bisnis Modal 1 Juta untuk Menghasilkan Cuan

Related Posts