Ini Loh, Investasi yang Pas untuk Pemula

CEO TOP Coach IndonesiaTom Martin Charles Ifle saat memberikan penjelasan mengenai bisnis asuransi saat Global Insurance Awards 2022 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Kamis (13/10/2022). (Foto dari Akurat.co)

ASAPENA-Investasi menjadi langkah penting untuk menambah penghasilan. Sayangnya, masih banyak yang bingung, investasi seperti apa yang paling pas dilakukan. Terutama oleh para pemula.

Nah, CEO Top Coach Indonesia Tom Martin Charles, Jumat (14/10), membeberkan, beberapa investasi yang pas dipilih dan cocok bagi pemula.

Tom Martin mengakui, sekarang sudah banyak jenis investasi terbaik yang bisa dilakukan dengan mudah. Pemula sekalipun tak perlu khawatir ataupun ragu memulainya. Semuanya juga bisa dimulai dengan modal kecil.

Menurut Tom, salah satu yang patut dicoba ialah investasi dengan membeli saham bluechip. Memang saham bluechip kurang begitu terlihat pergerakannya. Tapi dia meyakinkan, di saham bluechip setiap tahunnya selalu ada kenaikan.

Baca Juga:  Investasi Emas Masih Menjanjikan di Tahun 2021

Ada pilihan lain jika para pemula ingin melakukan investasi yang terbilang sangat aman. Dia menyarankan para pemula berinvestasi di sektor emas. Harga emas cenderung terus naik meski bertahap. Tapi, menurut Tom, memang tidak selamanya harga emas itu berada di atas. Kadang harga emas pun bisa turun. “Tapi soal likuiditas, emas ini sangat baik,” kata dia.

Sebenarnya apa itu investasi ?

Nila Firdausi Nuzula dan Ferina Nurlaily dalam buku ‘Dasar-Dasar Manajemen Investasi’, mereka mendefinisikan investor sebagai pihak yang melakukan investasi dengan membeli aset keuangan. Mereka tentu mengharapkan kenaikan harga saat menjualnya kembali.

“Investor itu sendiri dikategorikan ada dua. Yang pertama ialah investor individual, dan yang kedua investor institusional yang biasanya terdiri dari badan, perusahaan, maupun lembaga,” seperti dikutip dari buku itu.

Baca Juga:  Toko Online Jual Barang dari Luar Negeri Dibatasi, Ini Jadi Peluang UMKM Lokal Kembangkan Toko Online

Berikut pengertian investasi :

1. Reilly & Brown

Investasi adalah kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang guna memperoleh penerimaan di hari yang akan datang.

2. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Investasi adalah penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang, untuk pengadaan pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Beberapa Jenis investasi adalah:

Investasi Properti

Investasi properti adalah investasi berbentuk fisik. Secara umum, Investasi properti bisa sangat menguntungkan, karena harganya akan terus meningkat setiap tahun.

Investasi Emas

Emas adalah bentuk investasi termudah yang paling klasik. Investasi emas bisa berupa logam mulia, perhiasaan, emas batangan dan voucher emas (emas digital).

Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dana bersama para pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio manajer investasi.

Baca Juga:  Tere Liye Jadi Sorotan Gara-gara Unggahan Soal Buku Bajakan

Investasi Deposito

Investasi deposito digunakan jika uang yang ada ingin disimpan dalam jangka waktu cukup panjang. Jangka waktu deposito antara 3 sampai 12 bulan.

Investasi Saham

Saham adalah tanda kepemilikan dalam suatu perusahaan. Semakin tinngi risiko suatu saham, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan, sehingga diperlukan kemampuan analisa ketepatan untuk penempatan modal untuk investasi.

Investasi Cryptocurrency

Saat ini Cryptocurrency atau mata uang kripto semakin dikenal masyarakat untuk dijadikan jenis investasi. Cryptocurrency tidak memiliki nilai wajar yang jelas. cara termudah untuk melakukan adalah membeli coin. Coin terbaik adalah coin yang digunakan oleh banyak orang saat ini dan memiliki potensi yang lebih massive di masa depan, demikian dikutip dari buku ‘Momento Teknik Trading Cryptocurrency’ oleh Alief K. (nia)

Previous Article

Haduhhh, Mark Zuckerberg Dikabarkan Akan PHK 12 Ribu Karyawan Meta

Next Article

Menuai Keuntungan dari Usaha Roti Bakar, Begini Perhitungan dan Strateginya

Related Posts