Anak Demam, Berikut 5 Langkah menanggulanginya Tanpa Menggunakan Obat

ASAPENA – Kasus beredarnya obat sirup penurun panas yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada anak belakangan menjadi topik pembicaraan yang hangat.

Menanggapi hal tersebut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah mengambil langkah pengamanan. Yaitu melakukan penarikan pada obat-obat yang ditengarai memiliki kandungan Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang melebihi ambang batas yang telah ditentukan.

Merangkum dari berbagai sumber, sebenarnya penanganan pertama gejala demam pada anak bisa diatasi melalui tanpa menggunakan obat terlebih dahulu.

Karena pada dasarnya demam bukan merupakan penyakit. Melainkan mekanisme pertahanan yang berjalan saat tubuh sedang berusaha menetralisir penyakit

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menghadapi gejala panas pada anak.

1. Kompres

Saat anak mengalami gejala demam, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan kompres air hangat. Hal ini bermaksud agar suhu tubuh si buah hati tidak turun dengan drastis dalam waktu yang terlalu cepat

Baca Juga:  Ajak Anak Makan Sahur, Kenapa Tidak?

2. Minum air Putih

Saat demam tubuh cenderung akan mengalami dehidrasi. Sehingga tubuh membutuhkan pasokan air yang cukup. Mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang sesuai akan membantu mengembalikan cairan tubuh dan menetralisir peningkatan suhu tubuh yang terlalu drastis.

3. Istirahat Cukup

Saat tidur, metabolisme tubuh akan bekerja lebih baik untuk melawan penyakit. Usahakan agar anak tidak melakukan aktivitas yang berlebihan dikala sedang demam. Mengingat anak-anak biasanya aktif bergerak dan susah untuk diajak istirahat.

4. Konsumsi Buah dengan Vitamin C

Vitamin C sangat berguna bagi tubuh untuk membangun sel kekebalan tubuh yang akan cepat habis saat sedang terkena infeksi. Buah-buahan seperti mangga, dan jeruk memiliki kandungan vitamin c yang cukup memadai untuk mensuplai kebutuhan tubuh.

Baca Juga:  Galau Mau Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan? Pahami Dulu Manfaat dan Detil Keduanya

5. Gunakan Rempah-rempah dan Madu

Rempah-rempah tertentu seperti bawang merah, jahe, ketumbar, dan bawang putih sudah dikenal turun temurun digunakan untuk menanggulangi demam pada anak.

Namun mengingat rasa rempah-rempah bukan termasuk jenis rasa yang disukai oleh anak-anak, maka dalam penggunaannya ada baiknya juga ditambah dangan madu.

Selain menambah citarasa agar lebih enak, madu juga memiliki khasiat utuk meningkatkan stamina dan daya tahain tubuh.

Tentu saja metode penanganan ini berkaitan juga dengan jenis penyakit yang diderita anak. Pastikan untuk mengenali gejala demam seperti apa yang sedang dialami olah anak.

Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui secara lebih detail tentang sakit yang sedang diderita oleh anak. (ara – dari berbagai sumbeer)

Previous Article

Ngebut Buat Gaming, Begini Spesifikasi dan Harga Infinix Hot 20 5G

Next Article

Aturan Baru! Siaran Langsung TikTok Hanya Bisa Diakses Pengguna 18+

Related Posts