Pengusaha Akui Semua Lini di Jateng Dukung Investasi

FOTO : Kominmfo Jateng

ASAPENA– Tahun 2022 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meraih gelar terbaik Anugerah Layanan Investasi (ALI). Ini ketiga kalinya secara berturut-turut Jateng berhasil meraih penghargaan tersebut.

Layanan investasi di Jateng yang mumpuni itu diakui kalangan pengusaha. Perwakilan pengusaha membeberkan beberapa kelebihan berinvestasi di Jawa Tengah.

Sales Executive PT Cassanatama Naturindo Ardley Widjaja mengatakan, pihaknya sudah mendirikan pabrik di Jateng. Mereka merasakan pilihan itu tidak keliru.

Dia menuturkan, Jateng terbilang memiliki semua infrastrutur yang dibutuhkan pengusaha. Semuanya dalam kondisi yang memadai untuk mendukung kegiatan perusahaan. Infrastruktur tersebut antara lain, jalan tol, pelabuhan, bandara, dan kereta api (KA). “Yang menguntungkan lagi, infrastruktur tersebut terkoneksi ke semua daerah,” katanya, kemarin.

Sebagai gambaran, PT Cassanatama Naturindo berkantor di Jalan Muktiharjo Km 3 Kota Semarang. Perusahaan tersebut bergerak di bidang produksi dan ekspor berbagai jenis kerupuk. Pasarnya menyasar negara-negara Eropa, seperti Belanda, Belgia dan Inggris.

Baca Juga:  Beras Organik Kampung Laut Cilacap Diekspor

Ardley mengakui, mereka melakukan investasi di Jawa Tengah karena sumber daya yang melimpah. Perusahaan mereka mengambil bahan baku dari Demak, Pati, dan Boyolali.

Dia pun mengakui, ketersediaan tenaga kerja di Jateng sangat memadai. Terutama dari sisi kompetensi. Standar upah pun sangat rasional. Tak kalah penting pula peranan pemerintah daerah memberi kemudahan investasi. Ardley menyebut, bantuan pemerintah ini telah mendukung perusahaan kian maju dan berkembang.

Dia membeber peran pemerintah daerah diantaranya bagaimana Pemrov Jateng membuat perusahaan tersebut memenuhi kebutuhan sayuran dengan mudah dari Boyolali. “Pemerintah daerah semua mendukung,” bebernya.

Keseriusan Pemprov Jateng menggenjot investasi memang tak main-main. Gubernur Ganjar Pranowo maupun Wagub Taj Yasin Maimoen selalu mempromosikan kemudahan dan berbagai keuntungan berinvestasi ke Jateng.

Pemprov Jateng telah terbukti dengan meraih Anugerah Layanan Investasi (ALI) selama tiga kali berturut-turut. Yakni pada 2018, 2021 dan 2022. Di tahun ini, bahkan Jateng meraih titel terbaik pertama anugerah tersebut.

Baca Juga:  Kurasi Produk, Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor

Penghargaan ALI 2022 diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amien dan diterima oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, di Grand Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022) lalu.

Kepala DPMPTSP Jateng Ratna Kawuri mengatakan, penghargaan tersebut mengindikasikan, keseriusan Jawa Tengah mengawal investasi.

Ratna mengakui, penghargaan itu mesti diimbangi dengan kerja keras mewujudkan layanan investasi yang cepat, mudah dan murah bagi para investor. “DPMPTSP Jateng selalu berupaya mengawal investasi secara transparan,” katanya.

Pada sambutannya, Wapres RI mengajak pemda maupun kementerian fokus mengejar investasi sebagai upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi. Selain itu, Ma’ruf juga mengajak agar pemerintah daerah mengembangkan sumberdaya di dinas yang membidangi investasi.

Kepala BKPM/Kementerian Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan, proses penilaian terhadap kinerja layanan inovasi dilakukan dengan melibatkan KPK,serta kementerian terkait. Proses penjurian pun dilakukan dalam kurun 4 bulan. (nia)

Baca Juga:  Tanaman Hias Bisa Jadi 'Senjata' Indonesia Kuasai Pasar

Daftar pemenang ALI 2022 :

Kategori Penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia :

1.Pemerintah Kota Kupang
2.Pemerintah Kabupaten Biak Numfor
3.Pemerintah Provinsi Maluku Utara

Kategori Kementerian/Lembaga :

– Terbaik Pertama Kementerian Perhubungan
– Terbaik Kedua ESDM
– Terbaik Ketiga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kategori Provinsi :

– Terbaik Pertama Provinsi Jawa Tengah
– Terbaik Kedua Provinsi Sulawesi Tengah
– Terbaik Ketiga Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan

Kategori Pemerintah Kota :

– Terbaik Pertama Pemerintah Kota Tangerang
– Terbaik Kedua Pemerintah Kota Medan
– Terbaik Ketiga Pemerintah Kota Bandung

Kategori Pemerintah Kabupaten :

-Pertama Pemerintah Kabupaten Gresik
-Kedua Kabupaten Sragen
-Ketiga Kabupaten Badung

Previous Article

Warna-warna yang Bisa Dongkrak Penjualan

Next Article

Kemenkeu Mulai Susun Standar Kendaraan Listrik

Related Posts