Ini Perusahaan yang Raup Untung Besar di Masa Pandemi

Dimasa pandemic Covid-19 bukanlah hal yang mudah bagi sebagian pelaku industry. Banyak perusahaan terpaksa memangkas karyawan demi bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi perusahaan ini. Ya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi Alphabet (perusahaan induk Google), Amazon, Apple, Facebook, dan Microsoft. Justru menurut laporan Financial Times, pendapatan gabungan dari kelima perusahaan ini meningkat 41 persen hingga 322 miliar Dollar AS (sekitar Rp 4.640 triliun) pada kuartal pertama 2021.

Beberapa investor dan analis teknologi menyebut bahwa angka pertumbuhan ini merupakan pencapaian paling tinggi yang diperoleh perusahaan teknologi terkemuka selama bertahun-tahun, bahkan ketika mereka telah menjadi perusahaan terbesar di dunia.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan terbesar yang pernah ada,” kata Jim Tierney, manajer keuangan di perusahaan manajemen aset asal AS, AllianceBernstein seperti yang dikutip oleh tekno.kompas.com, Senin (17/5/2021).

Baca Juga:  Mulai Bookbuilding, GoTo IPO dengan 52 Miliar Saham

Menurutnya pencapaian ini juga menggambarkan bahwa ketergantungan manusia pada teknologi informasi dan komunikasi seolah sudah tidak bisa dipisahkan lagi, sehingga mau tidak mau aktivitas manusia pun kini dilakukan melalui teknologi digital.

Selain meningkatnya angka pendapatan, laba bersih setelah pajak dari kelima perusahaan teknologi tersebut juga ikut melonjak hingga 105 persen dari tahun sebelumnya menjadi 75 miliar Dollar AS (sekitar Rp 1.081 triliun).

Teknologi digital ini pun disebut memiliki korelasi kuat terhadap pertumbuhan bisnis platform digital.

Sejak pandemi melanda, sejumlah aktivitas seperti bekerja, sekolah, hingga jual-beli, beralih ke ranah online.

“Konsumen dulu bisa menentukan pilihan, tetapi kini mereka justru mengalami ketergantungan. Mereka juga cenderung menghabiskan waktu di platform yang sering mereka kunjungi seperti Google atau media sosial Instagram dan Facebook,” kata Munster.

Baca Juga:  Sri Mulyani Promosikan Produk UMKM Unggulan di Perhelatan G20

Gene Munster menambahkan, investor dari Loup Ventures, mengatakan bahwa meroketnya bisnis raksasa-raksasa teknologi di masa pandemi mencerminkan besarnya pengaruh mereka di kehidupan sehari-hari masyarakat.(rli)

Previous Article

Pemerintah Harus Beri Layanan Publik yang Berkualitas

Next Article

Mirip Mercedes-Benz G-Class, Suzuki Jimny Long Meluncur Tahun Depan

Related Posts