Cek Nama Kita di DPT Online, Agar Bisa Ikut Memilih di Pemilu 2024

ASAPENA – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal beberapa bulan lagi. Bagi masyarakat yang ingin memastikan namanya terdaftar sebagai pemilih tetap, bisa melakukan pengecekan di Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam konferensi persnya setelah mengikuti proses pencocokan data pemilih (coklit) Pemilu 2024 di Istana Merdeka, Selasa (14/3/2023).

Presiden mengajak masyarakat mengecek nama masing-masing di situs resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) tersebut. Ajakan tersebut disampaikan Jokowi di tengah kegaduhan atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat soal penundaan Pemilu Presiden 2024.

“Segera melapor ke KPU kalau belum terdaftar,” kata Jokowi.

Caranya pun cukup mudah apabila ingin melakukan pengecekan. Masyarakat tinggal membuka situs cekdptonline.kpu.go.id. Kemudian masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Pasport. Nanti akan tahu, apakah sudah terdaftar atau belum, berikut lokasi TPS masing-masing.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyebut, proses pencocokan data pemilih telah selesai dilakukan pada 14 Maret 2023 kemarin. Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bentuk bahwa Pemilu 2024 tetap berlanjut.

“Ini bentuk bahwa Jokowi sebagai warga negara Indonesia dan juga presiden berpartisipasi aktif dalam kegiatan Pemilu, terutama saat ikut pencocokan dan penelitian pemilih 2024, ini menyatakan bahwa pemilu 2024 berjalan sesuai agenda,” kata Hasyim.

Sebelumnya, Jokowi telah menerima kedatangan petugas pencocokan data pemilih (coklit) Pemilu 2024. Jokowi telah terdaftar di TPS 010 Kelurahan Gambir untuk mengikuti Pemilu 2024 mendatang.

Setelah proses coklit selesai, Presiden menandatangani dokumen KPU yang menandakan pelaksanaan pemutakhiran data telah selesai.

Petugas pantarlih kemudian menempelkan stiker di dinding Istana Merdeka sebagai bukti coklit sudah dilakukan kepada Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. Sesudah semua selesai, Kepala Negara memberikan keterangan pers.

Presiden mengatakan, dirinya dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 2024.

“Ini adalah bukti saya dan Bu Iriana terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2024,” ujar Jokowi. (adm)

Related Posts