Berkat Negara Ini, Italia Bisa Lolos Piala Dunia 2022

ASAPENA – Kabar membahagiakan bagi pecinta sepakbola negeri Pizza, Italia. Pasalnya, Gli Azzuri_julukan Timnas Italia masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022 mendatang.
   
Kabar itu disampaikan media asal Italia, Sportmediaset, dikutip dari Football Italia. Hal itu sehubungan dengan terancam dicoretnya Iran sebagai kontestan turnamen empat tahunan tersebut.

Analisis Sportmediaset, Iran bisa dicoret dari Piala Dunia 2022 karena melakukan pelanggaran yang melarang perempuan menonton pertandingan sepakbola di stadion. Pada Selasa (29/3) lalu, Iran menjamu Lebanon di matchday pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Laga tersebut digelar di Imam Reza Stadium, Mashad, Iran. Total ada 22.453 suporter yang hadir di stadion. Namun, Federasi Sepakbola Iran tidak membiarkan 2.000 perempuan yang datang ke area stadion untuk memasuki area tribun.

Padahal, mereka sudah memegang tiket laga yang akhirnya dimenangkan Iran dengan skor 2-0 tersebut. Larangan ini bukan yang pertama dilakukan Federasi Sepakbola Iran. Sebelumnya pada 2019 mereka juga melakukan hal yang sama. Karena pelanggaran yang berulang, FIFA kabarnya segera menjatuhkan sanksi.

Kekhawatiran itu disampaikan salah satu anggota PSSI-nya Iran, Mehrdad Seradschi. Dia merasa khawatir tim nasionalnya akan mendapat hukuman dari FIFA. “Berita yang mengkhawatirkan dari FIFA dan AFC,” tulis Mehrdad Seradschi.

Dalam hal ini, peluang terbesar yang akan menggantikan Iran adalah Italia. Pasalnya Italia dipilih karena di antara tim yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022, memiliki ranking FIFA paling tinggi.

“Secara teori FIFA dapat mempromosikan negara dengan peringkat FIFA tertinggi. Hal itu berarti, jatah bakal diberikan kepada juara Eropa, Italia, yang baru saja kalah dari Makedonia Utara di babak playoff,” lanjut laporan tersebut.

Tentunya hal yang mengejutkan jika keputusan di atas diambil. Sebab, Iran telah berjuang keras hingga finis teratas di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia untuk lolos ke ajang yang digelar di Qatar pada 21 Desember hingga 18 November 2022 tersebut. (adm)

Related Posts