Pesona Raja Ampat Destinasi Wisata Bahari Tiada Duanya

ASAPENA – Menjelajahi keindahan Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Salah satu lokasi yang banyak menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Kepulauan Raja Ampat yang merupakan salah satu bagian dari Provinsi Papua Barat.

Keistimewaan yang paling menonjol dari daerah ini adalah pesona bahari sulit dicari tandingannya. Bahkan Wilayah Kepulauan Raja Ampat ini sendiri merupakan salah satu destinasi wisata diving terbaik di dunia.

Untuk bisa mencapai Kepulauan ini, perjalanan wisata akan dimulai melalui kota Sorong terlebih dahulu. Untuk bisa menuju kota Sorong, para biasanya bisa ditempuh melalui perjalanan udara. setibanya di kota Sorong, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sejenis kapal cepat menuju Waisai yang merupakan ibukota kabupaten Raja Ampat. Perjalanan melalui jalur laut ini memakan waktu sekitar 2-3 jam dari pelabuhan Sorong.

Baca Juga:  Mau Investasi Emas? Ini Rincian Harga Hari Ini

Secara umum, Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayahnya. Namun demikian, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang paling besar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. Empat pulau besar inilah yang menjadi titik awal penyebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Wilayah perairan adalah daya tarik utama Raja Ampat, mengingat perairan Raja Ampat adalah salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian tentang kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat.

Kepulauan ini memiliki terumbu karang yang sangat melimpah. Terumbu karang di kepulauan ini menjadi tempat tinggal bagi biota laut lainnya. Keindahan bawah laut Raja Ampat membuat banyak orang ingin menyaksikan langsung dengan cara menyelam ke dalam lautan.

Baca Juga:  Begini Cara Daftar e-Katalog agar Pelaku Usaha UMKM Bisa "Dipinang" Oleh Pemerintah

Di tempat wisata ini, ada beberapa spot menyelam terbaik seperti Kabui Passage, di sekitar Dermaga Pulau Arborek, Sauwandarek, Yenbuba, Dinding Friwen, dan masih banyak lagi. Tak hanya pemandangan bawah laut yang indah, Raja Ampat juga juga memiliki pemandangan daratan yang indah. Anda bisa menikmati pemandangan pulau batu dari atas bukit.

Selain menawarkan keindahan, Raja Ampat juga menawarkan kenyamanan yang bisa dinikmati selama menghabiskan liburan. Ada banyak sekali pilihan penginapan serta atraksi wisata yang bisa dinikmati. Tak hanya sampai disitu, selama melakukan kunjungan, wisatawan dapat melihat pembuatan kerajinan anyaman khas Arborek yang sudah terkenal hingga mancanegara, hingga mencicipi berbagai macam kuliner tradisional khas Papua, seperti papeda atau sinole. (ara)

Previous Article

Rekomendasi Anime Genre Fantasy yang Tayang pada Winter 2023 Part 1

Next Article

Nikmatnya Keindahan Panorama Sunset di HeHa Ocean View

Related Posts