Menteri BUMN Erick Thohir: Sarinah Mini di Bandara Bisa Jadi Panggung Produk Lokal

ASAPENA – Sukses memoles wajah baru Sarinah yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (14/7/2022) pekan lalu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggagas rencana lain untuk mensejahterakan UMKM di Indonesia. Salah satunya wacana pembangunan “Sarinah Mini” pada setiap bandara di seluruh Indonesia.

Menurut Erick Thohir, ide tersebut dinilai mampu memacu kesejahteraan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berada di wilayah sekitar bandara.

Seperti diketahui, wajah baru Sarinah menyediakan ruang lebih dari 500 UMKM. Konsep Sarinah Mini yang digagas eks Presiden Inter Milan, harapannya sama dengan Sarinah yang ada di Jakarta. Hanya saja bisa bentuknya lebih simpel. “Intinya mampu menampung seluruh produk UMKM di wilayah sekitar bandara. Harapannya jelas UMKM bisa naik kelas,” ujarnya.

Baca Juga:  Toko Online Jual Barang dari Luar Negeri Dibatasi, Ini Jadi Peluang UMKM Lokal Kembangkan Toko Online

“Sebagian kecil dari 500 UMKM yang sudah bergabung di Sarinah, kita tak berpuas diri dan terus mendorong Sarinah-sarinah mini di bandara sebagai jendela produk lokal kita,” ujarnya.

Tak hanya itu, baik Sarinah maupun Sarinah Mini yang nantinya ada di seluruh bandara di Indonesia, didorong Erick Thohir agar bisa menjadi panggung bagi produk UMKM lokal.

Erick mengatakan para pelaku UMKM harus bisa merasakan agar saat berkunjung ke Sarinah bukan menjadi orang lain. Dan juga, ia menuturkan agar ruang publik yang ada bisa terasa seperti rumah sendiri.

“Setelah empat bulan beroperasi, pengunjung Sarinah sudah mencapai lima juta orang. Ini jadi modal yang bagus. Sehingga akan sangat baik jika bisa dikembangkan di bandara-bandara,” tegasnya. (rin)

Baca Juga:  UMKM Banjir Peluang Ekspor
Previous Article

Pengemasan dan Sertifikasi Produk Jadi Tantangan Ekspor

Next Article

Pelaku Usaha Didominasi Perempuan, Ini Masalah yang Harus Diketahui

Related Posts