Dishub Lakukan Rekayasa Lalin dan Persiapkan Angkutan Umum Jelang Mudik Lebaran 2023

ASAPENA.COM – Dinas Perhubungan (Dishub)Jakarta saat ini mulai melakukan rekayasa Lalu Lintas dan mempersiapkan angkutan mudik lebaran. Strategi ini dilakukan sebagai upaya Dishub untuk mengurai kemacetan saat nanti menjelang Lebaran pada bulan April 2023 mendatang. Sejumlah titik di Jakarta akan dilakukan uji coba rekayasa lalu lintas yang menjadi lokasi pusat kegiatan masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, “Tentu, menjelang ramadan kami akan lakukan rekayasa manajemen lalu lintas. Kemudian dalam rangka persiapan angkutan lebaran, juga akan dilakukan ram check terhadap seluruh armada bus antarkota antarprovinsi,” Balai Kota DKI, Jakarta Pusat (6/3/2023).

Disbuh RI akan lakukan rekaya dijalan yang rawan kemacetan agar masyarakat bisa tetap beraktifitas dengan norma, aman, dan nyaman. Daerah yang rawan kemacetan seperti pasar Tanah Abang, Jalan MH Thamrin yang menjadi titik aktifitas masyarakat menjelang lebaran.

Syafrin selaku Kepala Dinas perhubungan (Kadishub) juga menghibau masyarakat untuk tetap mematuhi aturan pemerintah. Terutama demi menjaga kesehatan, Pemerintah meminta pemudik untuk disuntik vaksin booster covid-19. Syafrin juga menghimbau untuk masyarakat tidak hanya vaksin booster 1 saja tetapi juga vaksin booster 2. Menurutnya, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Harapan Kadishub Syafrin, masyarakat yang akan mudik untuk menggunakan layanan mudik gratis baik yang dikelola Kementerian perhubungan (Kemenhub), Pemprov DKI, BUMN, dan perusahaan swasta lainnya.

Dalam melakukan persiapan untuk mudik lebaran 2023, Dishub juga sudah mulai mempersiapkan angkutan baik jalur darat, jalur laut, dan jalur udara. Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik lebaran 2023.

Persiapan pertama yang dilakukan adalah menyiapkan armada transportasi publik untuk mengurangi kendaraan pribadi serta memberikan fasilitas mudik gratis. Rata-rata pemudik lebih suka menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan angkutan umum. Hal ini dilakukan karena beberapa alasan yaitu, jadwal keberangkatan bebas kapan saja, merasa lebih nyaman dan leluasa, serta alasan lainnya.

Karena itu pemerintah meminta kepada masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum saat mudik agar jumlah kendaraan tidak membludak saat mudik serta menjaga keselamatan penumpang agar bisa sampai dengan selamat dan bisa bertemu keluarga. Pemerintah sudah mempersiapkan program mudik gratis untuk menarik minat pemudik karena dinilai lebih hemat.

Kedua, Pemerintah juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Tol Transjawa. Upaya ini dilakukan dengan cara berkoordinasi bersama Korlantas polri untuk membuat regulasi dan penerapan rekayasa jalan serta akan diberikan penambahan rest area dijalan tol.

Penambahan rest area disejumlah titik bertujuan untuk membuat pemudik memiliki tempat beristirahat agar tidak mengalami kelelahan dan mengantuk yang menjadi pemicu kecelakaan. Terkadang karena keterbatasan jumlah titik rest area membuat pemudik lebih memilih melanjutkan perjalanannya dibandingkan beristirahat. Sejumlah titik rest area juga akan disediakan fasilitas kesehatan dan dijaga oleh Polri.

Persiapan selanjutnya dititik pelabuhan sebagai salah satu transportasi yang digunakan pemudik untuk pulang kampung. Dinas Perhubungan akan menyiapkan pelabuhan penyebrangan tambahan untuk mengurai kepadatan penumpang. Penambahan titik penyebrangan berguna untuk mensiasati agar tidak terjadi penumpukan pemudik yang akan menimbulkan korban karena berdesak-desakan.

Ipaya terakhir untuk mempersiapkan jelang mudik lebaran 2023 dilakukan dijalur udara. Dishub akan berkoordinasi dengan maskapai untuk pengoperasian pesawat berkapasitas 400 penumpang. Selain itu koordinasi yang dilakukan dengan meminta waktu pengoperasian pesawat dan bandara menjadi 18 jam.

Kepadatan yang terjadi saat mudik lebaran tentunya membuat jumlah penumpang akan semakin meningkat. Jam operasional bandara yang terbatas tentunya akan menciptakan antrian penumpang dilobi bandara. Sehingga pemerintah meminta pihak bandara agar menambah waktu operasional bandara

Berbagai upaya untuk membuat mudik tahun ini lebih lancar sudah dilakukan oleh Dishub. Harapannya bagi masyarakat yang ingin mudik agar bisa menjaga kesehatan dengan vaksin booster, memastikan kendaraan pribadinya aman, serta beristirahat saat mengalami kelelahan. Semoga mudik lebaran 2023 ini bisa berjalan dengan lancar dibandingkan tahun-tah un sebelumnya.

Related Posts