Ini Makna ‘Al Rihla’, Bola yang Dipakai untuk Piala Dunia 2022

ASAPENA – Adidas secara resmi telah merilis bola yang bakal dipakai untuk gelaran Piala Dunia 2022. Bola yang diklaim sebagai yang tercepat saat berada di udara ini, memilik nama ‘Al Rihla’.

Nama tersebut diambil dari bahasa Arab, yang bermakna ‘sebuah perjalanan’. Selain diklaim sebagai bola tercepat dari edisi-edisi di Piala Dunia sebelumnya, Adidas juga menyebut kalau Al Rihla memiliki akurasi terbaik.

Direktur Football Graphics and Hardwear di Adidas, Franziska Loeffelmann menjelaskan, lebih detail mengenai kelebihan bola tersebut.

“Sepak bola menjadi lebih cepat, dan makin cepat, akurasi dan stabilitas bola di udara menjadi sangat penting. Desain Al Rihla membuat bola mampu menjaga stabilitas saat berada di udara,” ujarnya.

Inti dari ‘Al Rihla’ telah dirancang untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi serta mendukung bagian permainan yang cepat sambil menjaga bentuk. Sebanyak 20 panel bola disertakan untuk membantu meningkatkan aerodinamis, membantu pemain meningkatkan akurasi dan swerve tembakan mereka.

‘Al Rihla’ dibuat murni dari tinta dan lem berbahan dasar air, yang pertama untuk model Piala Dunia. Adapun peluncuran bola tersebut menandai awal dari tur global Adidas untuk membantu meningkatkan akses dan kesetaraan bagi komunitas sepak bola lokal.

Adapun hasil penjualan dari ‘Al Rihla’ sebesar satu persen rencananya akan disumbangkan ke gerakan Common Goal. Bola resmi turnamen empat tahunan tersebut tersedia untuk dibeli secara eksklusif melalui adidas.com dan toko ritel perusahaan sejak 30 Maret 2022. (adm)

Related Posts