BSU Tahap 5 Cair, Berikut Cara Pengambilannya…

ASAPENA – Kabar gembira bagi para pekerja yang menantikan pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 5. Sebab pemerintah sudah mulai mencairkan sejak Rabu (12/10) lalu. Bantuan yang diberikan untuk pekerja ini disalurkan sebesar Rp 600 ribu dalam satu kali pembayaran.

“Kabar baik kembali hadir untukmu. BSU Tahap 5 mulai akan dicairkan hari ini (Rabu) ke rekening penerima,” tulis Kemnaker dalam akun Instagram resmi, @Kemnaker, dikutip Kamis (13/10).

Seperti diketahui, pencairan BSU dilakukan secara bertahap selama empat bulan. Terhitung sejak September hingga Desember 2022. Pada tahap I pencairan BSU sudah dilakukan kepada 4,36 juta orang, dengan anggaran mencapai Rp 2,61 triliun.

Kemudian di tahap II penerima BSU sebanyak 2.406.915 pekerja, tahap III mencapai 1,357 juta orang pekerja atau penerima. Sedangkan tahap IV kepada 1.019 juta penerima.

Guna memudahkan pekerja untuk memastikan diri menjadi penerima BSU tahap 5. Berikut cara cek penerima BSU lewat situs Kemnaker dan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga:  Jadi Tuan Rumah G20, Buka Peluang UMKM Naik Kelas

Cara Cek Nama Penerima BSU lewat situs Kemnaker
1. Buka kemnaker.go.id melalui browser hp atau laptop
2. Klik ‘Daftar Akun’
3. Lengkapi data untuk daftar akun
4. Aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphone
5. Login ke profil Anda
6. Lengkapi data profil lainnya
7. Klik ‘Cek Pemberitahuan’
8. Kemnaker akan memberi informasi apakah Anda terdaftar jadi penerima BSU atau tidak. Jika terdaftar sebagai penerima, maka akan ada pemberitahuan bahwa BSU sudah cair.

Cara Cek Penerima BSU Lewat Situs BPJS Ketenagakerjaan
1. Buka bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id melalui browser hp atau laptop
2. Isi data mulai dari NIK, nama lengkap, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor handphone, dan email, kemudian klik ‘Lanjutkan’
3. Anda akan diberi informasi apakah terdaftar jadi penerima BSU atau tidak.

Baca Juga:  Harga Emas Anjlok Rp 10 Ribu per Gram, Saatnya untuk Investasi Logam Mulia

Sementara itu, berikut ini langkah mencairkan BSU melalui salah satu himbara, yakni Bank Mandiri. Selain di Bank Mandiri, pekerja juga bisa mencairkan melalui bank lain, meliputi Bank BNI, BRI, BTN, dan Pos Indonesia.

Cara Cairkan BSU Melalui Bank Mandiri
Mengutip dari akun Twitter resmi Bank Mandiri, penerima BSU yang memiliki rekening aktif Bank Mandiri dapat langsung melakukan pencairan BSU melalui sejumlah sarana. Melalui, ATM Mandiri, SMS Banking, dan Livin’ by Mandiri.
Sementara itu, bagi penerima BSU baru, Bank Mandiri akan membukakan rekening tabungan baru secara terpusat. Dikutip dari kanal Twitter Mandiri Care, berikut ini langkah-langkah pencairan BSU bagi penerima baru program Bantuan Subsidi Upah 2022:

– Mencari lokasi kantor Bank Mandiri Penerima BSU (baru) mencari tahu posisi Kantor Cabang Padanan yang telah ditunjuk Bank Mandiri Pusat atau rekening tabungan baru terdaftar melalui laman Kemnaker.go.id atau menghubungi PIC Perusahaan (Bagian Personalia/Kepegawaian) tempat bekerja
– Menunggu Jadwal Penerima BSU (baru) menunggu informasi tentang jadwal dan lokasi pengambilan buku tabungan dari PIC Perusahaan yang telah berkoordinasi dengan Kantor Cabang Padanan yang ditunjuk Bank Mandiri
– Mendatangi lokasi pencairan BSU Jika sudah menerima informasi jadwal pengambilan buku tabungan, penerima BSU (baru) sudah dapat melakukan pencairan dana Bantuan Subsidi Upah 2022

Baca Juga:  Telkomsel 5G Sudah Bisa Diakses, Begini Cara Menggunakannya

Untuk pencairan dana bantuan ini, para penerima BSU perlu mendatangi lokasi pengambilan buku tabungan sesuai jadwal yang telah ditetapkan serta mengisi beberapa form yang diberikan Petugas Kantor Cabang Padanan. Selain itu, penerima BSU harus membawa E-KTP Asli dan Kartu Peserta Jamsostek (KPJ). (adm)

Previous Article

Ini Target Pemerintah untuk Koperasi dan UMKM di 2023

Next Article

IIBF Banyumas: Ini Enam Kesalahan dalam Bisnis

Related Posts