Belgia vs Portugal, Inggris vs Jerman! Inilah Tim yang Maju ke 16 Besar EURO 2020

ASAPENA – Dua laga di Euro Grup F, yakni Portugal vs Perancis dan Jerman vs Hungaria, berakhir dengan skor identik 2-2, Kamis (24/6) dini hari. Laga tersebut sekaligus menutup sejumlah laga di fase grup Euro 2020. Dan hasil di “Grup Neraka” dini hari tadi, akhirnya melengkapi 16 tim yang bakal maju ke babak 16 besar Euro 2020.

Portugal yang menahan imbang Perancis berhak mendapat satu tempat fase knock out melalui jalur peringkat tiga terbaik. Sementara Perancis lolos dengan status juara grup diikuti Jerman di posisi runner up.

Ada dua laga yang mempertemukan para kandidat juara ajang Euro 2020 edisi kali ini. Usai lolos dari “Grup Neraka”, Jerman dan Portugal nampaknya belum bisa bernapas lega. Pasalnya dua tim kuat sudah menanti mereka lebih dulu di fase knock out nanti, yakni Jerman yang akan meladeni Inggris, dan Portugal harus bersua generasi emas Belgia.

Lalu, tim mana saja yang lolos ke babak perdelapan final Euro 2020 nanti? Lalu bagaimana peluang masing-masing tim untuk melangkah lebih jauh di gelaran bergengsi Benua Biru itu, yuk kita bahas satu per satu!

Wales vs Denmark

Babak 16 besar Euro 2020 diawali dengan pertandingan Wales vs Denmark, Sabtu (26/6/2021) pukul 23.00 WIB. Laga yang akan dilangsungkan di Stadion Johan Cruyff ini dipastikan akan berlangsung sengit, mengingat keduanya merupakan tim kuda hitam di ajang ini.

Baik Wales maupun Denmark, melaju ke fase ini dengan menyandang status runner up dari masing-masing grup. Dari sisi materi pemain, Wales dan Denmark memiliki kualitas yang sama di semua lini. Tidak ada yang terlalu menonjol. Kolektivitas dan serangan cepat menjadi ciri permainan dari kedua tim ini.

Meski begitu, semangat juang para pemain Denmark perlu diwaspadai Gareth Bale dkk. Hal itu didukung dengan keberuntungan yang kerap menaungi pasukan Kasper Hjulmand. Terbukti, Denmark mengunci satu tiket 16 besar usai menaklukkan Rusia dengan skor yang cukup telak 4-1. Di sisi lain, Wales harus mengakhiri fase grup dengan kekalahan usai takluk dari Italia 0-1.

Italia vs Austria

Tim Italia melaju ke babak ini dengan meyakinkan. Menyapu bersih semua laga dengan kemenangan tanpa kebobolan, menjadi modal Gli Azzurri menghadapi Austria, Minggu (27/6/2021) pukul 02.00 nanti. Bahkan pasukan Roberto Mancini itu juga menjadi salah satu tim tersubur di ajang ini dengan koleksi 7 gol di fase grup.

Walau demikian, David Alaba dkk bukan lawan yang bisa dianggap enteng. Berbekal dua kemenangan di fase grup, memantapkan Austria di posisi runner up Grup C di bawah Belanda. Oleh karena itu, Austria pastinya akan memiliki motovasi lebih kala bersua Italia di fase knock out nanti.

Apalagi, Immobile cs bakal melakoni laga perdana di luar Italia saat berduel dengan Austria, mengingat babak ini akan digelar di Stadion Wembley, Inggris. Sebagai catatan, tiga pertandingan fase grup Italia selalu digelar di Stadion Olimpico, Roma. Patut kita tunggu bagaimana sepak terjang Italia saat berlaga di luar kandang, dan bagaimana strategi Franco Foda melewati ketatnya barisan pertahanan Italia.

Belanda vs Ceko

Bersama Italia dan Belgia, Belanda melaju ke babak 16 besar dengan poin sempurna, yakni 9, hasil dari tiga kemenangan. Meski begitu, ujian sebenarnya baru akan dihadapi Der Oranje di fase knock out ini. Pasalnya, Belanda memang sudah diprediksi lolos dengan mudah dari fase grup. Alasannya, meski tim-tim yang tergabung di Grup C memiliki kualitas yang sama, namun tiga tim tersebut di atas kertas masih dibawah pasukan Frank de Boer.

Nah, Ceko nampaknya bisa menjadi sandungan bagi Wijnaldum cs. Meski secara mengejutkan Ceko kalah tipis 1-0 dari Inggris di laga pamungkas Grup D, secara keseluruhan Ceko merupakan tim yang tangguh. Bahkan Ceko sempat memimpin Grup D di dua laga awal fase grup. Beruntung Ceko masih bisa lolos ke fase ini lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Belanda vs Ceko akan berlangsung di Stadion Puskas, Hungaria, Minggu (27/6/2021) pukul 23.00 WIB. Faktor penonton kemungkinan akan menjadi pembeda di laga ini, mengingat Stadion Puskas memiliki keistimewaan di ajang Euro 2020 ini. Yakni, penonton bisa memenuhi seluruh kursi stadion yang berkapasitas 38 ribu penonton tersebut. Kita nantikan bagaimana aksi “pemain ke-12” untuk mendukung masing-masing tim untuk meraih tiket ke babak 8 besar.

Belgia vs Portugal

Laga bertajuk perang bintang ini pastinya akan sangat ditunggu para pecinta bola. Generasi emas Belgia bakal dihadang Portugal yang berhasil lolos dari “Grup Neraka”. Bekal tiga kemenangan Belgia nampaknya belum cukup untuk meredam mental juara Cristiano Ronaldo dkk.

Baik Belgia maupun Portugal berisikan pemain yang malang melintang di sejumlah Liga Top Eropa saat ini. Akan menarik bagaimana Kevin de Bruyne cs memimpin rekannya untuk menaklukkan Portugal. Seperti yang ditunjukkannya saat membalikkan keadaan saat melawan Denmark.

Portugal sendiri melaju ke babak 16 besar dengan sedikit bersusah payah. Maklum Portugal tergabung di grup paling berbahaya di ajang Euro edisi ini. Status “tim kesayangan” wasit juga tersemat pada Portugal di Euro 2020 ini. Bagaimana tidak, 4 gol dari total 7 gol yang dicetak Portugal berasal dari titik putih. Terakhir Ronaldo mencetak dua gol dari titik putih saat menahan Perancis 2-2 di laga pamungkas Grup F.

Penasaran dengan hasilnya? Patut ditunggu laga ketat yang bakal tersaji di Stadion Olimpiade, Sevilla, Spanyol, Senin (28/6/2021) pukul 02.00 WIB nanti.

Kroasia vs Spanyol

Duel antara Kroasia dan Spanyol, bisa dikatakan sebagai duel “Tim Diesel” alias tim yang telat panas di ajang Euro 2020 ini. Kroasia mengunci runner up Grup D dengan poin 4. Kalah 0-1 di laga awal dari Inggris, Kroasia bangkit dengan menahan imbang Ceko 1-1, dan diakhiri dengan kemenangan 3-1 dari Skotlandia.

Sementara Spanyol memastikan satu tempat di fase knock out usai pesta gol ke gawang Slowakia. Hanya meraih dua poin dari hasil dua kali imbang di dua laga awal fase grup, membuat pasukan Luis Enrique wajib menang di pertandingan terakhir. Namun bukan hanya menang, Morata cs justru pesta gol dengan melesakkan lima gol tanpa dibalas satupun oleh Slowakia.

Akankah mesin diesel masing-masing tim mampu membawa mereka melaju ke babak selanjutnya? Patut ditunggu bagaimana perang lini tengah yang bisa juag disebut sebagai El Classico, antara Kroasia yang dikawal Luka Modric (Real Madrid) dan Spanyol yang digawangi Sergio Busquet (Barcelona). Stadion Parken, Kopenhagen bakal menjadi saksi laga sengit ini pada Senin (28/6/2021) pukul 23.00.

Perancis vs Swiss

Hasil minor terus didapatkan Perancis di Euro 2020 ini. Menang di laga awal vs Jerman, berkat gol bunuh diri Math Hummels, Perancis hanya mampu meraih dua poin di dua laga berikutnya, 1-1 vs Hungaria, dan 2-2 di laga pamungkas menghadapi Portugal.

Sementara sang lawan, Swiss, cukup mendapat motivasi yang luar biasa atas kesuksesannya meraih tiket 16 besar ini. Kalah telak 3-0 dari Italia, Swiss harus melakoni laga hidup mati melawan Turki di laga terakhir Grup A. Kemenangan 3-1 atas Turki memastikan satu tempat bagi Swiss dari jalur peringkat tiga terbaik.

Secara statistik, Benzema dkk masih diunggulkan dalam laga ini. Meski demikian tidak menutup kemungkinan bagi Swiss untuk menjegal langkah juara dunia 2018 tersebut. Laga ini akan dilangsungkan di Stadion Nasional, Bukarest, Rumania, pada Selasa (29/6/2021) pukul 02.00 WIB dini hari.

Inggris vs Jerman

Selain Belgia vs Portugal, babak 16 besar Euro 2020 ini juga bakal menyajikan dua tim raksasa yang bakal saling bunuh. Yakni Inggris vs Jerman, Selasa (29/6/2021) pukul 23.00 WIB, di Stadion Wembley, London. Baik Inggris maupun Jerman, sejauh ini belum menunjukkan permainan terbaiknya.

Meski lolos sebagai Juara Grup D, Southgate nampaknya masih punya banyak PR yang harus dibenahi. Hanya melesakkan dua gol dari total tiga pertandingan menjadi pertanda tumpulnya lini depan The Three Lions. Hanya saja, Inggris patut berbangga, mengingat di ajang ini Inggris menjadi salah satu tim yang belum pernah kebobolan.

Sementara lini serang Jerman sejauh ini sudah cukup mumpuni dengan torehan 6 gol. Hanya saja, Joachim Loew harus memutar otak untuk mengatur strategi di lini pertahanan. Sejauh ini, Jerman menjadi salah satu tim yang paling banyak kebobolan diantara kontestan 16 besar Euro 2020 lainnya.

Akan menarik dinantikan bagaimana duel antara tim dengan pertahanan terbaik melawan salah satu tim dengan produktivitas gol yang cukup baik selama fase grup kemarin.

Swedia vs Ukraina

Babak 16 besar Euro 2020 juga akan ditutup dengan laga antar dua tim kuda hitam. Swedia dan Ukraina mendapat sorotan di laga yang akan digelar di Stadion Hampden Park, Skotlandia, Rabu (30/6/2021) pukul 02.00 nanti. Kedua tim sebelumnya diprediksi dapat melaju lebih jauh di ajang ini. Terbukti kedua tim mampu menembus persaingan fase grup dengan meraih tiket 16 besar.

Swedia patut berbangga, mengingat meski tanpa Ibrahimovic, Swedia mampu mengungguli dua tim unggulan di Grup E, Spanyol dan Polandia, dengan meraih juara grup. Bahkan secara mengejutkan, Polandia harus tersingkir usai kalah 3-2 dari Swedia di laga terakhir.

Sementara Ukraina cukup beruntung melaju ke fase ini. Sempat pesimis usai gagal menang di laga terakhir, pasukan Andrey Shevchenko akhirnya memastikan diri lolos ke 16 besar berkat “bantuan” Spanyol yang membantai Slowakia 5-0 di pertandingan kemarin. Padahal, Ukraina sempat diperhitungkan usai menampilkan permainan apik di laga awal fase grup melawan Belanda.

Kira-kira tim mana saja yang bakal melaju ke babak selanjutnya? Kita nantikan saja sepak terjang pada maestro sepak bola benua biru tersebut di ajang Euro edisi ke-15 tahun 2021 ini. (rin)

Related Posts